top of page
Search
  • pikitaranbersama

Tentang Kami

Updated: Jul 6, 2020


Piki(ta)ran merupakan singkatan dari 'Pikiran Kita'. Piki(ta)ran bermula dari sebuah percakapan tentang kekhawatiran kami mengenai diri kami yang dulu kurang peka terhadap masalah-masalah "kecil" yang sebenarnya jika disadari, merupakan masalah yang cukup berdampak pada kehidupan sehari-hari. Masalah "kecil" seringkali dipandang tidak penting sehingga cenderung diabaikan dan tidak ditelusuri lebih lanjut melalui kontemplasi. Kami juga melihat bahwa kontemplasi seringkali dipandang dalam konteks negatif, dimana kegiatan tersebut membuang waktu karena tidak menghasilkan suatu produk yang terlihat.


Kenyataan yang sekarang kami sadari adalah : kontemplasi sebagai kebiasaan, dapat membangun dan mendewasakan kami. Dengan demikian, pemikiran kami menjadi lebih terbuka dan peka terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar. Di era ini, kami memiliki pendapat bahwa menjadi penting bagi setiap individu untuk lebih mengenali diri kita sendiri. Identitas kita sebagai manusia yang berjalan dan hidup di dunia nyata, semakin blur dengan maraknya penggunaan media sosial dan preferensi kita melihat karakter diri yang telah kita bentuk dalam dunia maya. Tentunya, kita sebagai manusia merupakan makhluk sosial yang tidak hidup sendiri. Kita semua memiliki komunitas kita masing-masing, dimana kita harus menemukan tempat dan peran kita dalam komunitas tersebut. Pemikiran yang peka dan terbuka dapat menunjang adanya komunikasi dan relasi yang baik dan lancar dengan individu-individu disekitar kita. Bagaimana kita berinteraksi dan menanggapi masalah-masalah sosial yang muncul di dalam komunitas kita juga sangat dipengaruhi oleh jalan pikir kita. Dengan demikian, agar kita tidak kehilangan identitas maupun tempat dan peran kita di dalam komunitas, mengenali diri sendiri dan lingkungan sekitar menjadi esensial dan krusial di jaman ini.


Berlanjut dengan percakapan mengenai apa yang dapat kami lakukan untuk mengubah hal tersebut, setidaknya mulai dari lingkungan terdekat kami. Piki(ta)ran merupakan langkah konkret kami, dengan harapan dapat mengajak individu-individu di sekitar kami untuk mengambil langkah pertama dalam mewujudkan penerapan kontemplasi sebagai kebiasaan.


66 views2 comments

Recent Posts

See All

Pembelajaran Jarak Jauh

Sudah tidak asing lagi di telinga kita, kata pembelajaran jarak jauh. Sejak maraknya persebaran Covid-19 di indonesia, menteri pendidikan dan budaya indonesia, Nadiem Makarim mencanangkan kebijakan pe

Post: Blog2 Post
bottom of page